Efektivitas Instrumen Penilaian Kinerja Siswa Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Sosiologi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA N 2 Lubuk Sikaping untuk mengukur keterampilan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain one shot cased study. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian kinerja yang telah dikembangkan dan dinyatakan layak untuk diujicobakan oleh ahli. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang siswa. Teknik analisa data mengganakan analisis persentase dan membandingkan skor penilaian kinerja siswa dengan acuan penilaian keterampilan sesuai panduan penilaian kurikulum 2013. Instrumen penilaian kinerja yang telah dikembangkan meliputi aspek pengumpulan data, analisis data dan komunikasi. Hasil uji efektifitas memperlihatkan 2 orang siswa memperoleh skor penilaian keterampilan dengan predikat A (5 %), 23 orang dengan predikat B (77%) dan 5 orang (17%) dengan predikat C. Hasil ini memperlihatkan instrumen penilaian kinerja efektif mengukur keteampilan siswa khusunya dalam melakukan penelitian dan mempresentasikan penelitian pada materi konflik sosial.