Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA 2 Pariaman

  • Hanifa Septiani UNP
  • Ike Sylvia UNP
Keywords: Intensitas, Smartphone, Disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan intensitas penggunaan Smartphone dengan disiplin belajar siswa kelas X SMA N 2 Pariaman. Maka jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini proporsional random sampling, Jumlah siswa kelas X SMA N 2 Pariaman berjumlah 354. Penelitian ini menggunakan tingkat kesalahan sebesar 10% sehingga sampel yang diperlukan yaitu 78 orang. Penelitian ini penggunakan dua macam variabel yaitu: 1) variabel bebas: intensitas penggunaan smartphone (X) 2) variabel terikat: disiplin belajar (Y). Pengumpulan data untuk variabel intensitas penggunaan smartphone dan disiplin belajar menggunakan metode angket dengan skala Likert. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk melihat (mean,mediam,modus, dan standar deviasi). Teknik analisis data yang digunakan antara lain kategoris persentase, uji normalitas, analisis untuk uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Septiani, H., & Sylvia, I. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA 2 Pariaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 80-90. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.12