Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Teka Teki Silang-Puzzle Discovery Education Pada Siswa XI IIS SMA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasilAbelajar siswa dalam pembelajaran sosiologi. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh tidak tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru, akibatnya siswa tidak fokus dalam belajar. Untuk mengatasi masalah rendah hasil belajar siswa guru menerapkan model discovery learning berbasis media teka-teki silang puzzle discovery education. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model discovery learning berbasis media teka teki silang puzzle discovery education dalam pembelajaean sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IIS 4 SMAN 1 Nan Sabaris Padang Pariaman dilakukan secara daring melalui aplikasi whatsapp. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, dan catatan lapangan. Untuk melihat peningkatan setiap siklus diolah dengan menggunakan rumus Percentages Correction S=R/Nx 100 pada siklus I naik sebanyak 17% sedangkan pada siklus II naik sebanyak 23%. KUntuk melihat keberhasilan belajar siswa hasil belajar diolah menggunakan rumus (P=F/N) X 100%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa, dari pra tindakan 37%, siklus I 54%, siklus II 77%.