Pengaruh Penggunaan Webquiz Quizizz Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa di SMA N 16 Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan webquiz quizizz terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI di SMA Negeri 16 Padang, khususnya pada aspek pemahaman konsep siswa pada materi masalah sosial dalam masyarakat. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan formula control group pretes-postes design. Teknik pengumpulan data melalui soal yang diberikan pada saat pretest dan posttets menggunakan aplikasi webquiz quizizz. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 183 orang dengan teknik pengambilan sampel melalui random kelompok. Penelitian ini dianalisis dengan teori konstruktivistik yang dikemukakan oleh Piaget. Temuan penelitian terdapat pengaruh penggunaan web quizizz terhadap hasil belajar siswa khususnya pada materi masalah sosial pada pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA N 16 Padang untuk materi pengertian masalah sosial, faktor pendorong masalah sosial, contoh masalah sosial dalam masyarakat, dampak masalah sosial dan pemecahan masalah sosial dalam masyarakat, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung = 6,34 dengan taraf nyata 0,05 sedangkan tabel = 2,00. Oleh karena t hitung besar dari t tabel maka hipotesis penelitian diterima.