Motif Guru Memilih Metode Ceramah dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 13 Padang

  • Janatul Aini Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Metode Ceramah, Motif Guru, Pembelajaran Sosiologi

Abstract

Pembelajaran sosiologi mengharuskan guru menerapkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, namun guru lebih sering memilih metode ceramah dalam pembelajaran sosiologi di SMA N 13 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif guru dalam proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah SMAN 13 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan yang pertama, bahwa metode ceramah tidak perlu memerlukan banyak waktu Kedua, guru bisa berinteraksi dengan siswa. Ketiga, guru bisa melihat secara langsung sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-12
How to Cite
Aini, J., & Junaidi, J. (2021). Motif Guru Memilih Metode Ceramah dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 13 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 162-173. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.105