Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang

  • Dilla Yulia Vermana UNP
  • Ike Sylvia UNP
Keywords: Group Investigation, Kerjasama Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 6 Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa . Hal tersebut dirasakan oleh guru mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri6 Padang. Oleh karena itu upaya yang cocok untukmeningkatkan kerjasama siswa dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat yaitu denganmenggunakan model Group Investigation. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Padang yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi yang memuat indikator kerjasama siswa. Pada penelitian ini peneliti menetapkan batasan keberhasilan peningkatan kerjasama pada kategori baik yaitu pada interval 61% keatas. Hasil penelitian terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan rumus persentase P=(F/N)X100%. Hasil penelitian menunjukan terdapatnya peningkatan dan penurunan kerjasama siswa dengan penerapan model Group Investigation. Secara keseluruhan tingkat kerjasama siswa dari siklus I sebesar 46% meningkat menjadi 72% pada siklus II dengan besar peningkatan 26%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Yulia Vermana, D., & Sylvia, I. (2019). Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 60-68. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.10